Senin, 09 April 2012


KAKI YANG DIBERKATI TUHAN
 Oleh : Pdt Peter bs/hm


“Langkah kaki orang-orang yang dikasihiNya dilindunginya, tetapi orang-orang fasik akan mati binasa dalam kegelapan…” ( 1 Samuel 2; 9 )

Kaki merupakan anggota tubuh yang sangat penting peranannya. Karena tubuh adalah Bait Allah ( 1 Korintus 3 ; 16), berarti kaki juga merupakan salah satu bagian dari Bait Allah. Adapun kaki yang diberkati Tuhan adalah kaki yang selalu membawa tuannya  kepada kegiatan-kegiatan yang baik benar dan kudus. Misalnya untuk bekerja, beribadah dan melayani Tuhan.

Kaki juga merupakan satu organ tubuh yang amat mahal harganya. Tentunya setiap orang yang berfikiran sehat tidak akan mengijinkan kakinya ditukar dengan uang yang jumlahnya sangat banyak sekalipun. Sebagai anggota tubuh yang merupakan karunia Tuhan maka setiap manusia diberi sepasang kaki dan tidak akan berganti semenjak lahir hingga akhir hayat. Dengan demikian kaki harus dirawat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Dari sifat dan gerak-gerik kaki bisa dibaca kualitas jasmani-rohani seseorang. Orang yang bermoral rendah akan terbaca melalui sikap kakinya yang seenaknya dan tidak sopan. Demikian juga orang yang bermoral tinggi akan terbaca lewat sikap kakinya yang manis dan sopan. Dengan sikap kaki orang bisa melakukan penghinaan kepada orang lain. Dengan sikap kaki orang juga bisa melakukan penghormatan kepada orang lain. Contohnya dalam tradisi jawa orang harus menata gerak-gerik kakinya bila ingin menghadap raja. Dengan kaki yang berlutut kita juga bisa melakukan penghormatan,penyembahan kepada Tuhan.

Orang Kristen harus memiliki langkah hidup yang manis jangan menjadi batu sandungan. Langkah kaki yang tidak pernah menyakiti orang.

Diibaratkan dalam Habakuk 3 : 19 seperti kaki rusa. Rusa memiliki struktur kaki yang ramping kecil,indah namun gesit,dan tidak pernah tersandung. Orang Kristen juga harus memiliki langkah hidup yang manis, terlihat sederhana (sering diremehkan) namun dibalik itu menyimpan kekuatan yang besar, untuk sukses dan memperoleh jalan keselamatan.

Langkah kaki orang bijak selalu menuju pada kebenaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar