Selasa, 10 April 2012



MENGUAK TABIR KITAB WAHYU
Disampaikan oleh: Pdt Peter BS/HM


PENGUTUSAN KETUJUH TOKOH DI AKHIR JAMAN

(Rev 1:16) Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik.

(Rev 1:20) Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat."

Seperti halnya pembebasan Bangsa Israel dari perbudakan Mesir ( Firaun ), maka TUHAN membangkitkan TOKOH, Musa. Musa disertai TUHAN secara luar biasa. Setiap kali Firaun mengeraskan hati dan mengikat bangsa Israel dalam perbudakan di Mesir, maka Musa mengadakan mujijat seijin TUHAN untuk menghukum Mesir dengan berbagai bencana, dikenal dengan 10 tulah di Mesir ( Keluaran pasal 7- pasal 11 )

Demikian pula di akhir jaman untuk membebaskan jemaat Gereja Tuhan di seluruh penjuru bumi dari ikatan perbudakan dunia (roh Firaun), untuk mendapat kelepasan dan bisa menyambut kedatangan TUHAN YESUS yang kedua hidup-hidup. TUHAN akan membangkitkan TOKOH-TOKOH ROHANI YANG SANGAT DIURAPI. 

TOKOH-TOKOH inilah yang di dalam Kitab Wahyu disebut sebagai 7 BINTANG DITANGAN KANAN TUHAN. 

MENGAPA DISEBUT BINTANG?; Adalah karena nanti tugasnya menjadi PENUNJUK ARAH bagi kegerakan GEREJA-GEREJA DI AKHIR JAMAN. 

Ingatkah saudara tentang kedatangan TUHAN YESUS YANG PERTAMA (KELAHIRAN YESUS) di Betlehem kecil. Siapa yang memberi petunjuk...DIALAH SANG BINTANG. Orang-orang Majus dipimpin BINTANG untuk menunjukkan berita yang BENAR MENGENAI KELAHIRAN TUHAN YESUS. 

(Mic 5:2) (5-1) Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. 

(Mic 5:3) (5-2) Sebab itu ia akan membiarkan mereka sampai waktu perempuan yang akan melahirkan telah melahirkan; lalu selebihnya dari saudara-saudaranya akan kembali kepada orang Israel. 

(Mic 5:4) (5-3) Maka ia akan bertindak dan akan menggembalakan mereka dalam kekuatan TUHAN, dalam kemegahan nama TUHAN Allahnya; mereka akan tinggal tetap, sebab sekarang ia menjadi besar sampai ke ujung bumi, 

Dan ini kegenapannya adalah KELAHIRAN TUHAN YESUS DI BETLEHEM 

(Mat 2:2) dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia." 

(Mat 2:9) Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada. 

(Mat 2:10) Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. 

(Mat 2:11) Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur. 

Sampai disini sudah menjadi sangat jelas kemudian bandingkan dengan Wahyu 12:1-5. Ini nubuat MENGENAI KEDATANGAN TUHAN YANG KE DUA YANG AKAN MENGGEMBALAKAN SEGALA BANGSA DENGAN GADA BESI: 

(Rev 12:1) Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya. 

(Rev 12:2) Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan. 

(Rev 12:3) Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota. 

(Rev 12:4) Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Dan naga itu berdiri di hadapan perempuan yang hendak melahirkan itu, untuk menelan Anaknya, segera sesudah perempuan itu melahirkan-Nya. 

(Rev 12:5) Maka ia melahirkan seorang Anak laki-laki, yang akan menggembalakan semua bangsa dengan gada besi; tiba-tiba Anaknya itu dirampas dan dibawa lari kepada Allah dan ke takhta-Nya. 

PERTANYAANNYA SIAPAKAH YANG AKAN MEMBERI PETUNJUK YANG BENAR MENGENAI ARTI DAN MAKNA KITAB WAHYU 12:1-5 INI. KEMUDIAN SIAPAKAH YANG AKAN MEMBAWA BERITA INI? 

Sekali lagi oleh karena itu SEMENJAK KITAB WAHYU PASAL 1, TUHAN SUDAH MENUNJUKKAN “INILAH 7 BINTANG YANG AKAN MEMBERI ARAH DAN PETUNJUK DI AKHIR JAMAN” ( Wahyu 1:16 ). 

TUJUH HAMBA TUHAN ini memiliki PERAN YANG BEGITU DOMINAN dalam KESELURUHAN KITAB WAHYU. Sehingga bila tanpa MENGUNGKAP RAHASIA TUJUH BINTANG INI. SANGAT MUSTAHIL KITAB WAHYU BISA DIFAHAMI. Karena Kitab Wahyu ini pada hakekatnya menceritakan tentang PERJALANAN GEREJA TUHAN DI AKHIR JAMAN UNTUK MENYAMBUT KEDATANGANNYA. GEREJA TUHAN YANG DIPIMPIN OLEH HAMBA TUHAN YANG DISEBUT “TUJUH BINTANG DI TANGAN KANAN TUHAN” 

Kemunculan KETUJUH TOKOH inipun sudah dinubuatkan, bersamaan dengan Nubuat Kelahiran Tuhan Yesus. 

(Mic 5:5) (5-4) dan dia menjadi damai sejahtera. Apabila Asyur masuk ke negeri kita dan apabila ia menginjak tanah kita, maka kita akan membangkitkan melawan dia tujuh gembala, bahkan delapan pemimpin manusia. 

(Mic 5:6) (5-5) Mereka itu akan mencukur negeri Asyur dengan pedang dan negeri Nimrod dengan pedang terhunus; mereka akan melepaskan kita dari Asyur, apabila ia ini masuk ke negeri kita dan menginjak daerah kita. 

TUJUH BINTANG (TUJUH GEMBALA) ini tugas utamanya adalah Mencukur Dosa ASYUR dan NIMROD, yaitu perbudakan dunia dan hawa nafsu. 

Perhatikan Ayat-ayat Dalam Kitab Wahyu ini MENGENAI PENGUTUSAN KETUJUH HAMBA TUHAN TERSEBUT 

1. Dia disebut sebagai TUJUH BINTANG DITANGAN KANAN TUHAN 

(Rev 1:16) Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik. 

2. Dia disebut TUJUH MALAIKAT SIDANG JEMAAT 

(Rev 1:20) Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat." 

3. Dia disebut Malaikat Sidang (Gembala ) dari jemaat: Efesus, Smirna, Pergamus, Tiatira, Sardis, Filadelfia dan Laodikia. Dimana jemaat jemaat itu mewakili berbagai macam KARAKTER DAN KERAGAMAN GEREJA AKHIR JAMAN. 

(Rev 2:1) "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu. 

(Rev 2:8) "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali: 

(Rev 2:12) "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Pergamus: Inilah firman Dia, yang memakai pedang yang tajam dan bermata dua: 

(Rev 2:18) "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga: 

(Rev 3:1) "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati! 

(Rev 3:7) "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. 

(Rev 3:14) "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah: 

TUJUH BINTANG ini bertugas menyucikan, menyatukan gereja di seluruh penjuru bumi. Hingga jemaat Gereja Akhir Jaman memiliki STADAR IMAN SEPERTI TUJUH KAKI DIAN EMAS( PELITA EMAS). 

(Rev 1:20) Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat." 

ADAPUN PROSES INI AKAN DIKERJAKAN DALAM KURUN WAKTU WAHYU PASAL 1- PASAL 5. 

4. Selanjutnya dalam WAHYU PASAL 6-7, TUJUH BINTANG INI AKAN DIPAKAI OLEH TUHAN UNTUK BERNUBUAT DAN MENGHUKUM BUMI DENGAN PEMBUKAAN TUJUH METERAI (Silakan baca Wahyu pasal 6 dan 7) 

5. Selanjutnya dalam WAHYU PASAL 8-9, TUJUH BINTANG INI AKAN DIPAKAI OLEH TUHAN UNTUK MENIUP SANGKAKALA(BERNUBUAT) UNTUK MENGHUKUM BUMI, KARENA DOSA-DOSANYA. 

(Rev 8:6) Dan ketujuh malaikat yang memegang ketujuh sangkakala itu bersiap-siap untuk meniup sangkakala. 

(Rev 8:7) Lalu malaikat yang pertama meniup sangkakalanya dan terjadilah hujan es, dan api, bercampur darah; dan semuanya itu dilemparkan ke bumi; maka terbakarlah sepertiga dari bumi dan sepertiga dari pohon-pohon dan hanguslah seluruh rumput-rumputan hijau. 

SILAHKAN BACA SECARA LENGKAPNYA DALAM WAHYU PASAL 8 DAN 9. 

6. Selanjutnya dalam WAHYU PASAL 10 :1-4, TUJUH BINTANG INI DISEBUT JUGA TUJUH GURUH YANG AKAN MENYUARAKAN MASA PENGUNGSIAN/PENGANGKATAN. 

(Rev 10:1) Dan aku melihat seorang malaikat lain yang kuat turun dari sorga, berselubungkan awan, dan pelangi ada di atas kepalanya dan mukanya sama seperti matahari, dan kakinya bagaikan tiang api. 

(Rev 10:2) Dalam tangannya ia memegang sebuah gulungan kitab kecil yang terbuka. Ia menginjakkan kaki kanannya di atas laut dan kaki kirinya di atas bumi, 

(Rev 10:3) dan ia berseru dengan suara nyaring sama seperti singa yang mengaum. Dan sesudah ia berseru, ketujuh guruh itu memperdengarkan suaranya. 

(Rev 10:4) Dan sesudah ketujuh guruh itu selesai berbicara, aku mau menuliskannya, tetapi aku mendengar suatu suara dari sorga berkata: "Meteraikanlah apa yang dikatakan oleh ketujuh guruh itu dan janganlah engkau menuliskannya!" 

RAHASIA PENGUNGSIAN/PENGANKATAN SAMPAI SAAT INI MASIH DIMETERAIKAN ARTINYA MASIH DIRAHASIAKAN OLEH TUHAN. 

7. Kemudian TUJUH BINTANG ini juga merupakan PELAKSANA DARI PENGHUKUMAN TUJUH CAWAN MURKA TUHAN; 

(Rev 15:5) Kemudian dari pada itu aku melihat orang membuka Bait Suci--kemah kesaksian--di sorga. 

(Rev 15:6) Dan ketujuh malaikat dengan ketujuh malapetaka itu, keluar dari Bait Suci, berpakaian lenan yang putih bersih dan berkilau-kilauan dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas. 

(Rev 15:7) Dan satu dari keempat makhluk itu memberikan kepada ketujuh malaikat itu tujuh cawan dari emas yang penuh berisi murka Allah, yaitu Allah yang hidup sampai selama-lamanya. 

SELENGKAPNYA BACA DI WAHYU PASAL 15 DAN 16. 

Jadi KUNCI DARI PEMBUKAAN RAHASIA KITAB WAHYU ADALAH PEMAHAMAN MENGENAI KETUJUH BINTANG. Ini laksana BINTANG PENUNJUK yang mengarahkan orang-orang Majus ke Betlehem. 

SALAM PENUAIAN, TUHAN YESUS MEMBERKATI ! 

(Rev 1:3) Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar